Mengenal Tugas Dari Seorang Petugas P3K

Tugas Petugas P3K

Petugas P3K di tempat kerja adalah pekerja/buruh yang ditunjuk oleh pengurus/pengusaha dan diserahi tugas tambahan untuk melaksanakan P3K di tempat Kerja. Petugas P3K berperan penting dalam memberikan pertolongan pertama secara cepat dan tepat kepada pekerja/buruh atau orang lain yang berada di tempat kerja, yang mengalami sakit atau cidera di tempat kerja. Petugas P3K juga berperan dalam mengurangi dan meminimalisir angka kecelakaan kerja serta risiko kematian akibat kecelakaan kerja.

Berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia No. Per.15/MEN/VIII/2008 Petugas P3K di tempat kerja mempunyai tugas :

  1.       Melaksanakan Tindakan P3K di tempat kerja;
  2.       Merawat fasilitas P3K di tempat kerja;
  3.       Mencatat setiap kegiatan P3K dalam buku kegiatan; dan
  4.       Melaporkan kegiatan P3K kepada pengurus.

Tujuan Petugas P3K

Kegiatan P3K yang dilakukan oleh Petugas P3K tentunya memiliki tujuan loh Safety Campions. Berikut beberapa dari tujuan Petugas P3K :

  1. Memberikan Pertolongan pertama.

Tujuan pertugas P3K tentunya melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan. Petugas P3K harus mampu mendeteksi kondisi sekitar korban dengan memberikan rasa aman dan nyaman saat melakukan pertolongan pertama yang dapat membahayakan nyawa korban.

  1.   Mencegah kondisi korban menjadi lebih parah

Petugas P3K mampu mendiagnosis apa yang terjadi pada korban saat kecelakan, misalnya terjadi patah tulang, henti jantung, cedera otot dan lain sebagainya. Jika terjadi hal tersebut, petugas P3K memiliki peranan untuk segera melakukan pertolongan pertama dengan memberikan alat bantu untuk mencegah korban semakin parah, misalnya diberikan bidai pada patah tulang, memberikan gendongan pada tangan jika secera otot, dan memberikan RJP jika korban mengalami henti jantung.

  1.   Mempertahankan Kondisi Imunitas Korban

Tentunya jika terjadi kecelakaan kerja, kondisi tubuh korban mengalami kaget atau syok setelah mengalami kecelakaan. Kondisi seperti itu menjadikan imunitas korban menjadi menurun dan melemah. Petugas P3K berperan segera melakukan pertolongan pertama agar korban merasa lebih nyaman dan aman. Berikan ketenangan pada korban jangan terlihat panik atau cemas di depan korban, agar korban merasa baik-baik saja.

  1.   Mencari Pertolongan Pertama untuk Tindakan Lebih Lanjut

Petugas P3K tentunya untuk memberikan pertolongan pertama terlebih dahulu kepada korban, agar kondisi tubuh korban tetap terjaga dan terselamatkan. Kemudian petugas P3K dapat mencari pertolongan lebih lanjut pada korban yang mengalami kecelakaan, seperti menghubungi pihak tim medis dari rumah sakit terdekat.  Sembari menunggu pertolongan dari tim medis, Petugas P3K harus mengupayakan korban bertahan hingga tim medis rumah sakit tiba di lokasi.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Scroll to Top